News, Software Reviews, Tips & Tricks

Sejarah Keyboard

Posted on: November 14, 2008

deck_keyboard1Benda tipis, lebar, ringan dan berharga relative murah ini kadang kurang mendapat perhatian dari pengguna PC. Padahal, tanpanya sehebat apapun jeroan PC , pasti tidak akan bisa berbuat banyak untuk membantu pekerjaan. Apa benda itu?? Ya, KEYBOARD namanya.

Hampir semua keyboard memiliki desain yang sama. Letak, fungsi, dan ukuran tombol-tombolnya relatif sama, kecuali pada keyboard-keyboard yang menggunakan karakter khusus di beberapa Negara. Sebagian besar keyboard yang ada saat ini memiliki 80 – 110 tombol yang terdiri dari tombol huruf, tombol angka, tombol fungsi, dan tombol control. Selain tombol untuk mengetik, keyboard juga dilengkapi dengan Shift, Enter, Space, Tab, Back Space dan tombol anak panah untuk memindahkan kursor ke empat arah.

Susunan Tombol Keyboard

Keyboard dengan susunan QWERTY yang paling banyak digunakan. Keyboard ini Diciptakan oleh Christopher Latham Sholes, 1870-an. Pasangan huruf yang sering digunakan ditempatkan berjauhan untuk meningkatkan jarak pergerakan jari

.qwerty

Tipe susunan lainnya adalah DVORAK yang menempatkan semua huruf hidup ada di kiri dan huruf mati ada di kanan. Diciptakan oleh August Dvorak dan Willian L. Dealey, 1936. Dirancang untuk mengurangi jarak pergerakan jari.

dvorak

Selain kedua tipe tersebut masih ada tipe lainnya yaitu ABCDE Layout. Tombol-tombol disusun menurut abjad. Tidak punya kelebihan dibanding tata letak lainnya, karena itu tidak banyak dipakai. Pada tahun 1986, IBM menambahkan tombol fungsi dan control pada keyboard. Kita mengenal tombol fungsi F1 – F12, serta tombol control yang terdiri dari Home, End, Insert, Delete, Page Up, Page Down, Alternate, Escape. Pada perkembangan selanjutnya, kita mengenal tombol tambahan seperti Windows, Apple, atau Tux untuk keyboard yang khusus diproduksi untuk Linux.

Ciri-ciri Tombol Keyboard yg Baik

  • Ukuran: 12 mm; jarak antartombol 6 mm.
  • Agak cekung.
  • Dibuat dengan bahan yang bersifat dof.
  • Jika ditekan masuk 3-5 mm.
  • Tombol-tombol khusus lebih besar.
  • Tanda bagi Caps Lock, Num Lock.
  • Warna yang informatif.
  • Label harus cukup besar untuk dibaca.
  • Tombol F dan J pada tata letak QWERTY ditandai

Cara Kerja Keyboard

Didalamnya terdapat prosesor dan sirkuit yang mengangkut data dari dan ke processor. Bagian terbesar dari sirkuit tsb membentuk kisi-kisi (grid) dibawah tombol yang disebut key matrix. Setiap sirkuit terputus tepat dibawah sebuah tombol.

Ibarat sebuah saklar (switch) ketika tombol ditekan maka terhubunglah bagian sirkuit dibawahnya dengan bagian yang lain yang memungkinkan aliran listrik kecil mengalir melaluinya. Jika melepas tekanan pada tombol tersebut, bantalan karet yang berada di bawah tombol memisahkan saklar dg sirkuit. Pada saat itu juga, processor akan mendeteksi bagian key matrix yang terhubung dan membandingkannya dengan peta karakter yang tersimpan dalam read-only memory keyboard.

Koneksi Keyboard

Secara garis besar dibagi menjadi koneksi kabel dan wireless. Koneksi kabel memanfaatkan port parallel, PS2, dan USB. Sedangkan pada notebook, keyboard terhubung melalui konektor internal. Tipe koneksi wireless memanfaatkan gelombang inframerah (infrared), radio, atau Bluetooth. Semuanya membutuhkan receiver yang biasanya tertanam pada port USB computer. Dan karena tidak terhubung secara fisik dengan computer, keyboard memanfaatkan daya dari baterai atau adaptor.

[sumber : PC Mild 03/2006, Mata Kuliah IMK]

http://akhsa.wordpress.com

1 Response to "Sejarah Keyboard"

gratis hp

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kalender Hijriyah

Almanak

November 2008
S S R K J S M
« Okt   Des »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

Jumlah Pengunjung

  • 253,652 Pengunjung

Arsip

Download


Quick Link AntiVirus Update

%d blogger menyukai ini: